Browse By

Faktor Kejayaan Islam Di Eropa

Faktor Kejayaan Islam Di Eropa

Faktor Kejayaan Islam Di Eropa

Jika kita telaah perjalanan penaklukan Eropa yang terjadi di Prancis Tengah dan Italia oleh kaum muslimin begitu serasa di mudahkan. Hal ini disebabkan karena adanya suport faktor internal maupun eksternal.

Faktor internal yang mendukung keberhasilan penaklukan Eropa adalah karena para penguasa, pemimpin sampai prajuritnya yang sangat kompak. Pada saat itu para pemimpin diisi oleh sosok-sosok yang kuat, tegas, percaya diri serta bertanggung jawan. Karena umat islam memiliki sosok pemimpin yang sangat ideal, para prajuritnya pun ikut terbawa sikap pemimpin hingga melahirkan prajurit-prajurit yang hebat. Mereka pun berani dan sabar dalam menghadapi segala cobaan yang dihadapi. Dan yang paling penting adalah umat islam. Dalam penaklukan mereka diajarkan arti persaudaraan, toleransi serta tolong menolong. Sikap itulah yang membuat mereka disambut hangat oleh para penduduk Spanyol pada waktu itu.

Faktor Kejayaan Islam Di Eropa

Faktor Kejayaan Islam Di Eropa

Untuk faktor eksternalnya adalah kondisi Spanyol pada waktu itu yang memprihatinkan dari kondisi sosial, ekonomi atau politiknya. Secara politik, spanyol sangat terkoyak-koyak menjadi negara-negara kecil dan semua rakyatnya dibagi-bagi seperti kasta yang tentu itu sangat membuat rakyat jath miskin. Ditambah penguasa seperti Gothic yang sangat kejam dan tidak toleran kepada agama yang di anut rakyatnya. Hal inilah yang membuat kaum tertindas menantikan pembebasan, dan pada akhirnya yang berhasil membebaskan mereka adalah kaum muslimin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *