Browse By

Fungsi Lain Lidah Manusia

“Al-Kalamu Yanfudzu Ma Laa Tanfudzuhul-ibaru”

– Perkataan itu dapat menembus apa yang tidak dapat ditembus oleh jarum-

Kita mungkin pernah mengalami peristiwa yang menyenangkan atau menyedihkan karena kata-kata. Sedih karena kata-kata, gembira karena kata-kata. Betapa kata-kata sangat mungkin memberikan semangat, membangun motivasi untuk menjadi lebih baik di lain hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, fluktuatif hubungan dengan pasangan adalah hal yang biasa terjadi karena kata-kata yang diucapkan, atau diucapkan oleh pasangan. Kalimat yang bernuansa cinta dan kasih akan membuat hubungan menjadi baik. sebaliknya, jika yang diucapkan dalam hubungan adalah kata-kata kebencian, kecurigaan, atau kemarahan, akan terjadi hubungan yang tidak lagi menyenangkan.

Dengan kekuatan kata-kata dan akibat dahsyatnya, seharusnya kita mulai menjaga kalimat yang akan kita katakan. Nasihat orangtua kitaadalah lidah tidak bertulang dan perlu menjadi perhatian serius sehingga apapun dikatakan sudah dipikirkan terlebih dahulu. Jangan sampai penyesalan datang setelah apa yang kita katakan.

Yang Paling penting adalah mencoba untuk selalu berempati terhadap lawan bicara kita. Yang harus kita pikirkan terlebih dahulu adalah, apakah kata-kata yang kita keluarkan bisa menyakiti orang lain atau tidak. Dengan demikian, lidah akan selalu terjaga.

Cobalah juga untuk menghindari kalimat yang tidak bermanfaat. Kalimat yang tidak bermanfaat adalah yang membuang waktu dan tidak ada efek positif. Kebiasaan ini hanya membuat kita tidak produktif yang seharusnya kita lakukan.

Berkata-katalah agar membuat sekeliling menjadi nyaman. Apa yang kita keluarkan seharusnya memberikan semangat hidup untuk diri sendiri dan sekeliling kita, sehingga hidup akan semakin menyenangkan.

Pada akhirnya, memilih mana yang akan dikatakan menunjukan siapa diri kita. Hati-hati dengan kalimat yang akan diucapkan. Buatlah ia menjadi positif dan terus menyemangati hidup. Jangan biarkan kalimat menjadi penjara yang bisa membuat hidup kita semakin buruk. Jangan sampai kita terpurukhanya karena kata-kata yang kita ucapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *