Browse By

Ke Maroko Tanpa Bayar Visa

Ke Maroko Tanpa Bayar Visa

Ke Maroko Tanpa Bayar Visa

Maroko, Kerajaan Islam di ujung utara benua Afrika yang beribukota di kota Rabat beseberangan dengan kerajaan Spanyol di benua Eropa bagian selatan yang dipisahhkan selat Gibraltar. Maroko memiliki hubungan sejarah yang sangat erat dengan Kerajaan Spanyol, Gibraltar dan keseluruhan semenanjung Iberia. Dan sejarah itu tidak keuar dari Panglima perang Tariq Ibnu Ziyad, panglima perang Islam dari Maroko yang begitu membahanan, mengukir sejarah keemasan Islam dan menaklukkan Andalusia (meliputi Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 Masehi bertepatan sekitar tahun 97 Hijriah, atas perintah Musa Bin Nushair, gubernur Maroko ketika itu.

Ke Maroko Tanpa Bayar Visa

Ke Maroko Tanpa Bayar Visa

Nama Tariq Ibnu Ziyad diabadaikan sebagai nama gunung batu tempatnya berlabuh saat pertama kali mendarat di benua Eropa, Jabal Tariq (Gunung Tariq), karena lidah bangsa eropa yang tak pandai menyebut Jabal Tarik, lalu mereka menyebut semenanjung itu sebagai Gibraltar hingga kini.
Kerajaan Maroko memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia, Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif melalui jalur diplomasi memperjuangkan kemerdekaan Maroko dari Jajahan Prancis. Maka dari itu salah satu ruas jalan di Maroko diberi nama Rue Sukarno (Jalan Sukarno), sebagai penghormatan untuk Bung Karno. Nama jalan itu diresmikan sendiri oleh Bung Karno bersama Raja Muhammad V saat kunjungan ke Maroko pada 2 Mei 1960. Sebagai bentuk persahabatan, di Jakarta pun kita temui ruas jalan dengan nama Jalan Casablanca.
Dalam kunjungan Bung Karno ke Maroko, Raja Muhammad V juga memberi istimewa untuk Bung Karno dan Rakyat Indonesia berupa fasilitas bebas visa untuk warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Maroko. Sayangnya jarak antara Indonesia dengan Maroko begitu jauh yang membuat negeri Magribi ini tidak populer bagi para pelancong Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *