Browse By

Salah satu masjid terkenal di Turki

Masjid Eyup  | Royal Indonesia Travel

Masjid Eyup | Royal Indonesia Travel

Ini salah satu masjid paling terkenal di Turki. Saat berbicara Turki biasanya orang akan ingat tentang Hagia Sophia atau masjid diseberangnya, Blue Mosque. Kali ini saya ingin bercerita tentang Masjid bersejarah dekat Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Masjid Eyüp Sultan.

Dibangun tahun 1458, masjid pertama yang dibangun oleh Kesultanan Turki Ottoman setelah penaklukan Konstantinopel di tahun 1453. Di dalam kompleks masjid terdapat makam Abu Ayyub al-Ansari. Kita akan langsung tahu dari mana nama masjid ini berasal.

Abu Ayyub al-Ansari merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.  Beliau juga terkenal dengan keikutsertaannya dalam ekspedisi perang kea rah Konstantinopel, Peperangan tersebut terjadi pada 674M semasa pemerintahan dinasti Umayyah. Ketika itu, umur Abu Ayub sangat tua, sekitar 98 tahun. Meskipun tua, Abu Ayub tetap bersikeras turut ikut serta dalam rombongan. Saat itu pemimpin ekspedisi adalah Yazid bin Muawiyyah.

Abu Ayub sempat meminta kepada Yazid, jika dia telah meninggal, jasadnya dibawa dengan kudanya sejauh jarak yang dapat ditempuh ke arah musuh, dan di sanalah ia akan dikebumikan. Wasiat Abu Ayub itu kemudian dilaksanakan oleh Yazid. Bahkan, agar makam itu tidak diganggu pihak musuh waktu itu, pasukan Muslim mengancam tidak tinggal diam jika mengetahui ada yang membongkar makam itu. Ciutlah mental musuh. Bagaimana pun pasukan Muslim terkenal tidak takut mati.

Hingga sebelum tempat itu dikuasai orang-orang Islam, orang Romawi dan penduduk Konstantinopel memandang Abu Ayub  di makamnya itu sebagai orang suci.

“Aku mendengar baginda Rasulullah SAW mengatakan seorang lelaki soleh akan dikuburkan di bawah tembok tersebut dan aku juga ingin mendengar derapan tapak kaki kuda yang membawa sebaik-baik pemimpin yang mana dia akan memimpin sebaik-baik pasukan seperti yang telah diisyaratkan oleh baginda.”

-Abu Ayyub al-Ansari, sebelum meninggal                                                                      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *